Seni sebagai perantara komunikasi

Gambar : Logo FSUS 2020

       Pada kenyataannya kehidupan manusia tidak bisa lepas dari suara, spesifiknya adalah suara musik beserta liriknya, orang-orang yang katanya awam dengan musik pun nyatanya juga mampu menikmati musik terbukti dengan anggota tubuh yang otomatis bergoyang atau bergerak sesuai irama kala mendengar alunan musik.

       Musik bukan lagi hal aneh didalam kehidupan kita, tidak dapat dipungkiri pasti setiap hari selalu ada saja alunan suara indah yang numpang lewat ditelinga kita, musik juga mempengaruhi mood manusia, mempengaruhi perasaan si pendengar, berfungsi memperjelas keadaan pada suatu film/cerita juga misalnya, seringkali dalam pesta senirupa mengetergantungkan komunikasi pada musik.

       Dr. Valorie sampoor menyatakan dalam penelitiannya bahwa mendengarkan musik dapat melepaskan dopamin di sirkuit subkortikal dalam filogenetik kuno dan telah berevolusi untuk melindungi perilaku yang sangat adaptif.

       Marcelp Bigliassi menemukan bahwa musik memberikan lebih banyak kegembiraan saat bekerja dan mengalihkan pikiran ke hal-hal yang tidak terkait dengan tugas yang ada, mengalihkan kebosanan.

       Billie joel mengatakan musik memiliki daya sembuh dengan menyentuh semua orang tanpa batasan.

       Tidak hanya seni musik, tetapi komunikasi juga menjadikan seni teater, lukisan, dan tari juga untuk perantaranya, sebuah lukisan yang padahal diam pun dapat menyampaikan arti dalam diamnya, sebuah pertunjukan teater pasti memiliki suatu pesan yang ingin disampaikan kepada penontonnya, begitu juga dengan seni tari yang dipenuhi dengan makna pada setiap gerakannya.

       Seni juga memiliki nilai positif dalam dunia pendidikan, sebagaimana cara seorang pengajar menyampaikan pelajaran kepada para muridnya dengan indah agar mudah diingat dan dipahami adalah kreatifitas seni. Pemaknaan penyampaian pesan seni menjadi media penyampaian pelajaran dan penumbuhan karakter pada anak-anak, karena seni memiliki peran penting dalam psikologis manusia, ada relasi didalamnya.

Ikuti saya di instagram

Komentar

  1. Wow trimakasih sukses terus ya love deh 😍

    BalasHapus
  2. https://jurnalku20.blogspot.com/?m=1 jangan lupa berkunjung ya 😍😍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Narasi Baca Materi Siaran Radio - Tips Move Onn

Seminar Publik ditengah Pandemi

Karakteristik Kelebihan dan Kelemahan Media Radio